Minggu, 23 Juli 2017

Pagi hari yang masih tertutup embun Gunung Merapi, terlihat sudah ramai di Lahan Praktek Karang Kadempel Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta. Terlihat beberapa orang menyiapkan tempat duduk, makanan dan minuman, dan peralatan lainnya. Hari Rabu, 19 Juli 2107 sekitar pukul 08.00 tamu undangan kurang lebih 100 orang berdatangan dalam kegiatan pembekalan masa persiapan calon purna tugas bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. 


Panitia Pemkab Sleman menyampaikan “Ini merupakan tahun yang ke-6 kegiatan pembekalan bagi para calon purna tugas di Lahan Praktek Karang Kadempel. Di sini untuk belajar dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan secara lebih optimal untuk kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan secara terpadu”. Tahun ini kegiatan pembekalan calon porna tugas dilaksanakan 5 angkatan, di setiap angkatan diikuti peserta sebanyak 100 orang.
Bayu Kristianto, Litbang Lahan Praktek BBLM Yogyakarta mengapresiasi acara ini “Sebuah hal yang cukup membanggakan ketika melihat lahan praktek kami mendapat apresiasi yang cukup baik dari masyarakat, instansi negeri ataupun swasta. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para calon purna tugas dan dapat terus dilaksanakan dengan diperkuat melalui MoU. Dijelaskan juga bahwa Lahan Praktek ini merupakan milik BBLM Yogyakarta dibawah Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Lokasinya tersembunyi jauh dari kota di dekat puncak Gunung Merapi, namun dikelola secara intensif dan mendukung desa wisata Pentingsari”.
Setelah acara seremonial, para calon purna tugas berkunjung ke setiap spot yang ada di Lahan Praktek yaitu : Pertanian : hidroponik, vertikultur, pergola, hortikultura, sayuran, edamame, jamur, buah naga ; Perkebunan : Salak ; Peternakan : kambing, ayam petelor ; dan Perikanan : Ikan nila.
  Para calon purna tugas sangat mengapresiasi dan tidak menyangka di tempat yang tersembunyi ini, terdapat tempat yang luar biasa dalam pengelolaan pertanian pada umumnya dan sangat menginspirasi untuk dikembangkan di rumah.
Terima kasih atas kunjungannya, semoga Lahan Praktek BBLM Yogyakarta terus dikelola dengan baik, sehingga menjadi percontohan, inspirasi dan yang terdepan dalam memberikan inovasi dan teknologi pertanian yang dibutuhkan masyarakat.















0 komentar:

Posting Komentar