Kamis, 27 Juli 2017

Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta mendapatkan kunjungan istimewa dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0732 Sleman pada hari Rabu, 26 Juli 2017. Rombongan berjumlah 50 orang yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0732/Sleman diterima dengan hangat di Aula Arjuna.

Perwira Kasi Teritorial, Kapten Invantri Arly Iskandar menyampaikan “terima kasih atas sambutannya yang luar biasa, kedatangan kami dalam rangka peningkatan kemampuan Apkowil tersebar Tahun 2017 Kodim 0732/Sleman. Di sini merupakan kunjungan lapang tentang hidroponik, pertanian organik dan peternakan yang sejalan juga dengan slogan kami Jumat Bersih, Sabtu hijau dan minggu sehat”.
Kabag TU BBLM Yogyakarta, Heru Setyanto, S.Sos berterima kasih kunjungannya “BBLM Yogyakarta di bawah Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang mempunyai tupoksi untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi masyarakat dan kami memiliki demplot/lahan praktek sebagai lahan ujicoba dan percontohan di bidang pertanian, peternakan dan perikanan terpadu”. Hidroponik merupakan salah satu unggulan, enak dipandang mata, hijau dan sedap dimakan. Kami telah melatih daerah sekitar sleman tentang hidroponik, mendampingi sampai dengan pemasaran yang dilakukan di Sunmor Denggung dan Pasar Jumat.
Kemudian dilakukan penyerahan cinderamata sebagai tanda kerjasama dari BBLM Yogyakarta ke Kodim 0732 Sleman. Selanjutnya rombongan dibagi 3 kelompok, setiap kelompok ke spot hidroponik, pertanian terpadu dan peternakan. Di setiap spot rombongan diberikan waktu 40 menit setelah itu bergeser ke spot berikutnya.
Spot hidroponik merupakan kebun hidroponik. Di spot ini terlihat hijauan segar tanaman hidroponik seperti sawi, packcoy putih, packcoy hijau di beberapa instalasi yang tertata rapi. Rombongan didampingi oleh Pujo rahmat, Agung Cahyo dijelaskan tentang hidroponik, praktek pencampuran nutrisi dan instalasi hidroponik.
Spot pertanian organik merupakan lahan pertanian sawah dan pekarangan berupa tanaman edamame, terong, tanaman obat dll. Rombongan didampingi oleh Yulia Aryani, Aszep Setiawan dijelaskan tentang konsep intensifikasi lahan pekarangan, pertanian terpadu, tanaman sayuran dan pangan organik, dan pupuk organik.
Spot peternakan merupakan area ternak yang terdiri dari ayam jawa super, burung puyuh, ayam petelor, sapi dan domba. Rombongan didampingi oleh Bayu Kristianto, Anwar Setiawan dijelaskan tentang cara budidaya ayam jawa super mulai dari perkandangan, bibit perawatan sampai panen dan analisa usaha. Cara budidaya burung puyuh mulai perkandangan, perawatan, telur yang dihasilkan. Cara pemeliharaan ayam petelor mulai dari konsep kandang, pemilihan ayam, telur yang dihasilkan dan analisa usaha, cara pemeliharaan Sapi Limosin mulai dari jenis sapi, pakan yang diberikan, konsep biogas.

Waktu yang membatasi, tidak terasa sudah jam 12 siang. Akhirnya kunjungan pun diakhiri karena Babinsa Kodim 0732 Sleman akan melanjutnya kegiatannya. Terima Kasih atas kunjungannya semoga kunjungan ini mampu memberikan wawasan lebih tentang hidroponik, pertanian organik dan peternakan dan lebih memacu BBLM Yogyakarta dalam mengelola lahan prakteknya.
















0 komentar:

Posting Komentar