Jumat, 05 Februari 2016


Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Yogyakarta pada tahun anggaran 2016 diberikan kesempatan untuk melakukan kursus yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga fungsional di BBLM Yogyakarta. Pada tahun 2016 ini peningkatan kompetensi tenaga fungsional salah satunya adalah disektor pertanian khususnya tentang Budidaya dan Pengolahan Kopi. Kursus tentang Budidaya dan Pengolahan Kopi diselenggarakan atas kerjasama BBLM Yogyakarta dengan KUB Kebun Makmur yang diketuai oleh Bp Sumijo, A.Md yang merupakan KUB binaan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Sleman. KUB Kebun Makmur berada di Dusun Petung, Desa Kepuhharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. KUB Kebun Makmur menghasilkan produk bubuk kopi yang dijual dengan merk dagang “Kopi Merapi” walaupun dipasar umumnya kopi ini tidak ditemukan. Kopi Merapi malah banyak masuk ke café-café dan dipakai oleh cheff yang ada di hotel-hotel.

KUB Kebun Makmur bagaikan embun segar yang dapat menjadi tumpuan masyarakat lereng Gunung Merapi. Banyaknya petani kopi di lereng Gunung Merapi yang tadinya harga biji kopi yang tadinya dibeli sangat murah oleh para tengkulak, sekarang para petani dapat menjual biji kopi ke KUB Kebun Makmur dengan harga yang cukup tinggi dan cukup stabil harganya. Keuntungan yang lain bagi para petani kopi di lereng Gunung Merapi selalu diberi arahan dalam hal budidaya kopi oleh para fungsional dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Sleman.  

 Tanah di lereng Gunung Merapi merupakan tanah yang subur, suburnya tanah di lereng Gunung Merapi berasal dari limpahan kandungan material hasil letusan Gunung Merapi, dengan adanya limpasan kandungan material ini memberikan rasa dan aroma yang khas biji kopi. Tanaman kopi di lereng merapi dibudidayakan secara organik baik dari segi pupuk maupun cara pemberantasan hama dan penyakit yang ditemukan. Kopi  Merapi telah mendapat sertifikat SNI No. LTIPB-SNI Pr-001-2006 dan sertifikat HACCP No. LTIPB-SHACCP-040-2007 dan telah mendapatkan penghargaan SNI Award 2007. Salah satu hal lagi yang membanggakan bagi KUB Kebun Makmur karena KUB Kebun Makmur telah mendapatkan “Penghargaan Penerapan Jaminan Mutu Pada Kopi Merapi” dan bertemu langsung oleh Bapak Presiden waktu itu Bapak Soesilo Bambang Yoedoyono.

 Kegiatan kursus Budidaya dan Pengolahan Kopi yang dilaksanakan di KUB Kebun Makmur diselenggarakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 22 s.d 26 Januari 2016. Kursus ini terkait dengan cara budidaya kopi yang baik sampai pada proses pengolahan biji kopi menjadi serbuk kopi.




Foto Kegiatan Budidaya Tanaman Kopi


Pemeliharaan Tanaman Naungan untuk Kopi

Proses Pemangkasan pada Tanaman Kopi


Cara pemangkasan tanaman kopi

0 komentar:

Posting Komentar