Rabu, 10 Februari 2016

"Performa mengejutkan si mungil 09"






Jum'at tanggal 5 Desember 2015, dipilih oleh Tim Uji Coba Budidaya Edamame Varietas 09 PSM Jogja untuk memulai menggeber kemampuan edamame varietas 09 di lahan Demplot Karang Tumaritis BBLM Yogyakarta, benih pun ditanam di lubang yang telah disiapkan sebelumnya. Seminggu sebelumnya persiapan tanam telah sangat matang dipersiapkan oleh Tim Uji Coba, bedengan yang telah digemburkan dicampur dengan pupuk kandang dan kapur. Dalam tiap bedeng berukuran lebar 110 cm dan panjang sekitar 14 m itu diperlukan tambahan pupuk kandang sebanyak 2 sak dan kapur dolomit sebanyak 5 kg.

Pada awal masa tanam, muncul keraguan diantara teman-teman Tim Uji Coba, 4 hari dinanti sang tunas tak kunjung muncul, bahkan di 7 hari awal masa tanam 50 % benih tak mampu bertunas. Rencana B pun dilaksanakan, cadangan semaian yang telah dipersiapkan mulai didapuk tuk menggantikan sesama kawan mereka yang tak mampu tumbuh dalam tiap lubangnya. Muncul keraguan dari teman-teman Tim Uji Coba Budidaya Edamame, akankah uji coba ini berakhir lebih awal karena bibit cadangan yang diharapkan mampu mengisi kekosongan lubang juga banyak yang mati. Namun setelah 2-3 kali pindah semai, kekosongan lubang pun mulai tak terlihat lagi. Lubang tanam yang masih kosong akhirnya diputuskan untuk ditanami benih, walaupun dengan resiko pertumbuhan yang tak seragam.

Sebulan berlalu, baru saja keraguan dalam hati teman-teman Tim mulai menipis, kejutan datang, Varietas 09 MULAI BERBUNGA...!!!. Tim mulai mempertanyakan kelayakan benih 09, dari yang daya kecambahnya sangat rendah, rentan mati saat pindah tanam sampai hal yang tak terduga, berbunga lebih awal. Banyak hipotesis atau dugaan yang muncul menanggapi fenomena berbunganya edamame varietas 09 ini, salah satu yang dikhawatirkan adalah masa vegetatif yang pendek mengakibatkan kemampuan produksi (polong) yang sedikit dan kecil.

Waktu berlalu dengan cepat, hujan yang turun sangat deras tiba-tiba diselingi dengan panas yang sangat terik membuat Tim khawatir dengan ancaman jamur dan hama penyakit lainnya, terutama ulat grayak dan kutu kebul, doping pun disiapkan, mulai dari pemberian pestisida sampai dengan pengocoran pupuk organik maupun anorganik dipilih. Pupuk cair hasil rendaman kotoran kambing dipilih untuk dikocor pada lubang tiap minggunya dan kocoran pupuk NPK diberikan sebanyak 2 kali.

Lambat laun hasil kerja keras teman-teman Tim Uji Coba Budidaya Edamame mulai terlihat. Varietas 09 menunjukkan tajinya, meski memiliki keterbatasan tinggi batang, edamame ini mampu berpolong di luar perkiraan. Beberapa sampel yang dipilih secara acak, menunjukkan rata-rata polong tiap batang tanaman berjumlah 30-80 buah. ...WOWWWW...AMAZINGGG...!!!!!. Hasil yang didapat dari uji coba edamame di Demplot BBLM Yogyakarta melebihi standard hasil produksi yang hanya berkisar 15-20 polong. Selamat untuk Tim Uji Coba Budidaya Edamame PSM Jogja, kalian istimewa !!!!

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan yang telah dan masih akan dilakukan oleh teman-teman PSM BBLM Yogyakarta :




















5 komentar:

  1. trengginassss... ganas.... edamamenya

    BalasHapus
  2. yang mau order kedelai edamame mentah daerah surabaya hub I Nengah S distributor edamame daerah surabaya dan sekitarnya, numb 082332647084 minim 15 kg 20.000/kg ongkir d tanggung pembeli

    BalasHapus
  3. yang mau order kedelai edamame mentah daerah surabaya hub I Nengah S distributor edamame daerah surabaya dan sekitarnya, numb 082332647084 minim 15 kg 20.000/kg ongkir d tanggung pembeli

    BalasHapus
  4. bagai mana mendapatkan bibit edamame09, saya dari ambarawa
    jika berkenan terima kasih

    BalasHapus
  5. Selamat sore pak, bagaimana mendapatkan benih edamame, saya di aceh

    BalasHapus