Senin, 14 Desember 2015

Buah masih menjadi salah satu  alternatif budidaya tanaman yang saat ini semakin digemari masyarakat untuk mengembangkannya. Jenis buah yang semakin beraneka ragam membuat masyarakat semakin tertarik utuk membudidayakkannya baik di lahan pekarangan maupun di dalam pot (tambulampot). Tanaman buah  pada saat ini  telah banyak dikembangkan jenis buah yang beraneka macam yang memiliki kualitas unggul dan tahan terhadap hama dan penyakit yang tidak kalah dengan kualitas buah impor. Untuk itu Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan budidaya tanaman buah yang didalamnya disampaikan materi antara lain :
  1. Pengolahan Tanah 
  2. Sanitasi Lahan
  3. Pembibitan
  4. Pembiakan Vegetatif
  5. Pembiakan Generatif
  6. Pengendalian Hama dan Penyakit
  7. Budidaya Tambulampot
Materi disampaikan secara teori dan praktek dengan disertai hadirnya para narasumber yang mau berbagi ilmu dengan para peserta pelatihan. Dengan adanya narasumber peserta dapat sharing mengenai budidaya tanaman buah. Narasumber yang dihadirkan adalah :
  1. Bapak Isto (Telaga Nursery)
  2. Bayu A Sidi (Keboenku Jambidan) 
Peserta juga diajak untuk melakukan kegiatan kunjungan lapang kedua lokasi yang yaitu di Telaga Nursery dan Keboenku Jambidan.

Praktek Pemberian Nutrisi dan Pupuk Cair
 
Praktek membuat perangkap lalat buah

Praktek Pembiakan Vegetatif
Peserta Mendapatkan Bibit untuk ditanam di pekarangan masing-masing

0 komentar:

Posting Komentar