Kamis, 17 Desember 2015



"Ilmu itu ada disini, di Damar Hydrofarm"

 Ibarat pepatah..."Berlian senantiasa berkilau dimanapun berada, seperti itu pula kita hendaknya.. tetaplah menjadi baik di lingkungan seperti apapun"


Pepatah diatas sangat cocok sekali kita sematkan pada apa yang telah dilakukan oleh seorang Sudaryanto, sang empu hidroponik. Berkat tangan dingin dan kegigihan beliau, Damar Hydrofarm  mampu menembus batas-batas kewajaran yang ada. Di lingkungan tempat tinggalnya yang berada di lereng merapi tepatnya di Dusun Jamburejo Desa Kemiren Kec. Srumbung Kab. Magelang, dia mendirikan sebuah farm hidroponik sekaligus tempat belajar hidroponik. Damar Hydrofarm tumbuh dan berkembang di tengah lebatnya perkebunan salak yang lazim di kembangkan di daerah tersebut. Damar Hydrofarm mampu menghapus stigma hidroponik hanya cocok diusahakan di perkotaan, di tengah kebunpun Damar Hydrofarm mampu bersinar dan dijadikan sebagai salah satu tempat rujukan hidroponik yang cukup representatif.

Mendobrak keumuman, itulah kalimat yang tepat apabila kita berkunjung ke tempat beliau. Berada di pelosok yang tersebunyi diantara kebun salak yang mendominasi daerah tersebut, Damar Hydrofarm menjadi pemandangan pembeda. Setiap waktu tempat tersebut tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat, lembaga pemerintah maupun pelaku usaha yang ingin melakukan studi banding, maupun belajar dari usaha hidroponik yang telah berkembang disana. Dari tempat itu pula puluhan jenis produk hortikultura sayur maupun buah telah menghiasi pasar maupun gerai supermarket yang ada di kota-kota besar di Pulau Jawa. Kini di tengah kelebatan kebun salak tersebut, orang rela berbondong-bondong untuk belajar dan berkunjung kesana, berbekal informasi yang di dapat dari komunitas hidroponik, internat, bahkan dari informasi titik koordinat, orang rela untuk berburu keberadaan Farm Hidroponik tersebut.

Oleh sebab itu sejak akhir tahun 2013, kami Penggerak Swadaya Masyarakat yang ada di BBLM Yogyakarta merasa perlu untuk berguru dengan sang maestro hidroponik. Banyak sekali kerjasama yang telah kami lakukan dengan Damar Hydrofarm, antaralain :
1. Pemasaran hasil sayur demplot yang ada di BBLM Yogyakarta
2. Rancangan konsep percontohan hidroponik yang ada di BBLM Yogyakarta
3. Rehab Green House demplot BBLM Yogyakarta
Dan yang ingin kami sampaikan dalam kesempatan ini adalah kegiatan peningkatan kualitas PSM BBLM Yogyakarta dalam bidang hidroponik yang bekerjasama dengan CV. Hijau Mulia dan diselenggarakan di Damar Hydrofarm pada tanggal 16-20 Oktober 2015.

Dalam kurun waktu 5 hari, kami mendapatkan banyak tambahan ilmu tentang hidroponik. Materi tersebut antara lain adalah sebagai berikut ;
1. Pengantar budidaya hidroponik
2. Teknik penyemaian yang baik
3. Jenis-jenis dan konsep Instalasi Hidroponik
4. Praktek merakit instalasi hidroponik
5. Pemeliharaan dalam budidaya hidroponik
6. Meracik nutrisi AB Mix
Setelah mengikuti kegiatan tersebut, kami merasa percaya diri dalam melakukan kegiatan pemanduan pelatihan hidroponik. Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan yang kami lakukan di Damar Hydrofarm.

Maju terus hidroponik...Maju terus BBLM...terima kasih Pak Dar!!!








1 komentar: