Rabu, 16 Desember 2015

AQUAPONIK

Demplot Karang Tumaritis di  Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta mengembangkan kegiatan perikanan yang berkelanjutan. Salah satunya yaitu dengan sistem aquaponik. Aquaponik diartikan sebagai sistem terpadu antara aquakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman non tanah), atau teknologi budidaya yang mengkombinasikan pemeliharaan ikan dengan tanaman. Aquaponik merupakan teknologi aplikatif untuk budidaya ikan di lahan yang sempit dan menghemat penggunaan air.

Sistem aquaponik sangat menarik, karena dapat menghasilkan dua hasil yaitu sayuran dan ikan. Nutrisi dalam sistem aquaponik berasal dari kotoran ikan yang disebut sebagai amoniak, amoniak ini dirubah oleh mikroba untuk menjadi nitrat dan nitrit yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga tanaman subur dan hasilnya akan menjadi lebih baik.
Aquaponik memberikan keasyikan tersendiri dan menumbuhkan semangat "go green". Manfaat lainnya adalah pembudidaya mendapat keuntungan ganda, karena bisa panen ikan dan juga panen sayur.




0 komentar:

Posting Komentar