Selasa, 19 Januari 2016

Demplot Karang Tumaritis merupakan lahan percontohan Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Lokasinya berada di Jalan Parasamya No. 16 Beran, Tridadi, Sleman Yogyakarta. Demplot ini merupakan tempat bagi PSM untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya, sebagai lahan percontohan bagi peserta pelatihan dan media publikasi.

Bagi anda yang ingin belajar tentang pertanian, peternakan atau perikanan, Demplot Karang Tumaritis merupakan salah satu referensi yang perlu dikunjungi. Anda dapat berkeliling di lahan seluas 0,5 Ha. Hal yang menarik yaitu spot-spot yang dikelola dengan baik dan terus dilakukan pengembangan.
Adapun Spot-spot tersebut antara lain :

1. Hidroponik

Pertama kali anda akan memasuki Demplot, akan melihat beberapa model instalasi hidroponik yang tertata rapi. Tanaman yang ada seperti selada merah dll. Hidroponik ini sudah dikembangkan awal tahun 2015 mulai dari pembuatan sendiri instalasi hidoponik, pembibitan tanaman dan pemanenan. Hasil panen diambil langsung oleh Bos Damar Hydrofarm. Anda boleh berkunjung, lihat-lihat, tanya-tanya dengan Mas Pujo Rahmat Wicaksono, SP.

 






  2. Vertikultur

 Dikembangkan pada akhir tahun 2013, Vertikultur merupakan metode bercocok tanam secara vertikal yang cocok bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas. Konsep ini selain untuk menunjang nilai estetika juga dimaksudkan untuk pemanfaatan lahan yang seefektif mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Di area ini banyak diujicobakan berbagai tanaman sayuran daun dan buah. Anda dapat berkonsultasi tentang vertikultur dengan semua teman-teman PSM yang ada.








3. Kumbung Jamur

Budidaya jamur tiram sudah dimulai tahun 2014, sebagai rumah jamur waktu itu memanfaatkan rumah dinas yang tidak ditempati. Sehingga akhir tahun 2015 dibuatlah kumbung jamur tersendiri. Untuk saat ini baru memulai pengisian instalasi dan baglog jamurnya. Penanggung jawab budidaya jamur yaitu Pak Imam Prasmono, SH dan Mba Andri Indriani, SP, MMA.








4. Kebun Buah + TOGA

Pengembangan kebun buah dikhususkan pada tanaman buah di polibeg dan kebun buah naga. Tanaman buah dipolibeg diantaranya tanaman jambu madu, kelengkeng dll, alasan penggunaan polibeg lebih tertata, mudah diaplikasikan, fleksibel, dan tanaman tidak terlalu tinggi, pengembangannya tahun 2015 saat ini sudah terlihat istimewa.

Kebun buah naga pun sangat menarik, di Bulan Desember-April merupakan waktunya berbuah. Penanggung jawabnya adalah Bu Hartilah dan Bu Utik Nurwariastini.









5. Green House + Screen House

Ini merupakan rumah tanaman, di dalamnya ada bermacam metode tanam diantaranya hidroponik, vertikultur, polibag dll. Tahun ini Screen Houseakan melakukan pemasangan instalasi hidroponik. Anda yang masih penasaran akan dipandu oleh Mba Rindang Purwandari, SP, Devi Sulistyawati KP, SP dan Y. Yustitia P, S, Sos.







6. Budidaya
a. Tanaman Pangan
Anda yang suka pertanian, mau terjun ke sawah ini tempatnya. Di sini dikembangkan Padi Sistem SRI Organik dan budidaya tanaman jagung. Spot ini penanggung jawabnya adalah Mba Yulia Aryani, SP dan Mas Bayu Kristianto, S.Pt

b. Tanaman Sayuran
Spot ini sangat menyenangkan, karena anda dapat melihat langsung pengolahan lahan, cara penanaman, atau panen. Di sini suasananya sangat asri, adem, bisa berselfie sepuasnya. Sayuran yang ada saat ini adalah Edamame dan kacang panjang. Namun jika anda datang di waktu berbeda tanaman yang anda jumpai bisa berbda pula bisa brokoli, kubis, kangkung, kacang panjang, terong, cabai dll. Penanggung jawabnya adalah Mba Dida Paramita, SP dan PakYulianto, SP, M,Sc.











7. Perikanan
Di tempat ini anda dapat melihat ikan gurame, lele dan nila. Pada akhir tahun 2015 telah dibangun kolam segitiga besar dengan gazebo di tengahnya. Jika anda lelah keliling demplot anda bisa beristirahat di gazebo ini sambil melihat kebun yang asri. Penanggung jawabnya adalah Mas Anggit Mangun Wibowo dan Bu Dra. Endang Loro Ireng.



8. Pembuatan Pupuk Organik

Pupuk yang dibuat disini berbahan baku kotoran ayam, kambing atau sapi dan sampah-sampah organik yang difermentasikan menjadi pupuk organik. Pembuatannya dilakukan secara manual, anda dapat melihat step by stepnya. Penanggung jawab spot ini adalah Mas Agung Cahyo Prabowo, SE





9. Ternak dan Biogas

Spot ini sangat lengkap bagi anda yang ingin belajar peternakan. Mulai dari pemeliharaan domba, sapi, ayam petelor, ayam jawa super, puyuh. Anda dapat memberi pakan domba dan sapi, mengambil telur ayam dan puyuh, melihat pembibitan dan pembesaran ayam jawa super.
Selain itu, ada juga instalasi biogas sebagai teknologi tepat guna, dan sangat baik dan layak diterapkan di rumah warga yang memiliki ternak sapi. Penanggung jawab ternak dan biogas adalah Mas Bayu Kristianto, S.Pt dan Mas Cahyono, SE.






1 komentar: