Selasa, 27 Maret 2018

Prukades (Program Unggulan Kawasan Pedesaan) adalah salah satu dari 4 (empat) program prioritas Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. Ke depan sebuah Desa tidak lagi tergantung dari dana desa, namun Desa diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang ada di Desa, mengolah dan mengembangkannya sehingga Desa menjadi mandiri dan masyarakatnya menjadi sejahtera.
Salah satu kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta pada tahun anggran 2018, adalah Pelatihan Prukades berupa Budidaya Tanaman Buah di Kabupaten Temanggung. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 26 Maret 2018 di Balai Desa, Desa Sanggrahan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah dengan jumlah peserta 30 (tigapuluh) orang yang berasal dari 5 (lima) Desa, yaitu Desa Kramat, Desa Purwosari, Desa Ngrompoh, Desa Pandowo, Desa Sanggrahan. Kelima Desa ini sudah berdiri BUMDesa dan telah Berdiri BUMDesa Bersama.
Pelaksanaan Pelatihan ini diselenggarakan dengan kerjasama dengan Praktisi di Bidang Pembibitan Tanaman Buah dari Kebon Kliwon, Salaman, Magelang, beliau adalah Bapak Khoirul Saleh. Materi pada Pelatihan Prukades Budidaya Tanaman Buah adalah:

  • persiapan lahan, 
  • perbanyakan tanaman secara vegetatif (cangkok, cangkok susu, okulasi, sambung pucuk, sambung sisip, pembuatan kaki ganda), 
  • pengendalian OPT baik secara mekanis (pembuatan perangkap lalat buah dan perangkap warna) dan hayati (pembuatan pestisida nabati bahan dasar gadung, tembakau, empon-empon, bawang putih), 
  • pembuatan pupuk organik (padat secara aerob dan anerob maupun pupuk cair secara aerob dengan Trichoderma)
  • Pemeliharaan tanmaan buah






0 komentar:

Posting Komentar