Jumat, 22 Januari 2016

PLASTIK YANG CANTIK NAN MENARIK

      Salah satu kegiatan positif yang dapat dilaksanakan untuk mengurangi dampak buruk dari pencemaran limbah adalah dengan cara mengolah limbah tersebut menjadi barang yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Plastik sebagai salah satu limbah yang sangat sulit terurai dalam tanah maupun air memberikan tantangan tersendiri bagi kita untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari potensi cemarannya. Salah satu langkah yang dapat kita lakukan dalam mengolah limbah plastik adalah dengan cara memanfaatkan limbah plastik tersebut untuk dijadikan produk kerajinan tangan (handycraft).
      Handycraft limbah plastik adalah kegiatan mengolah barang limbah plastik di sekitar untuk dijadikan benda yang unik dan bernilai seni sebagai upaya untuk memajukan ekonomi masyarakat. Dalam rangka mendukung kemajuan perkembangan kesehatan lingkungan, serta untuk membekali Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM), maka diperlukan tambahan pengetahuan, keterampilan, motivasi dan inovasi serta teknik-teknik yang berkaitan dengan kerajinan tangan / handycraft dari limbah plastik. Oleh karena itu, maka Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta menugaskan tenaga Fungsional PSM untuk meningkatkan kompetensi di bidang Handycraft Limbah Plastik.
      Tantangan dari Lembaga tersebut dijawab dengan oleh Bapak Imam Prasmono dan Ibu Utik Nurwariastini dengan penuh tanggung jawab dan percaya diri. Mereka dengan tekun menempa diri untuk mengasah kemampuan dalam peningkatan kompetensi handycraft limbah plastik. Berikut ini beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personil PSM dengan hasil yang membanggakan.





















1 komentar: